Selasa, 21 Mei 2013

Mitos Tuan Rumah Liga Champion...

Posted by yunarty itu aty_bidam at 10.01
Reactions: 
Sumber klik disini

     Liga Champion musim 2012/2013 sudah mendekati puncaknya, babak final akan berlangsung tanggal 25 Mei 2013 waktu setempat.  Hegemoni tim – tim Jerman di liga Champion kali ini begitu membahana.  Hal ini membuktikan bahwa tim – tim Jerman tidak bisa dipandang sebelah mata, terbukti tim Jerman berhasil masuk ke partai puncak.  All Jerman Final, Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund.


     Banyak yang memprediksi bahwa musim ini akan terjadi El Classico, perseteruan abadi antara Barcelona vs Real Madrid.  Mengingat sepakbola modern yang di usung oleh Spanyol selama sepuluh tahun terakhir ini yang menghasilkan banyak gelar baik timnas maupun club – clubnya.  Tapi itu cuman prediksi, hitungan di atas kertas, karena yang terjadi justru Der Klassiker, julukan untuk perseteruan yang juga abadi antara Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund.

Sumber klik disini

     Dua tim Jerman ini sama – sama menghempaskan tim Spanyol.  Bayern Muenchen dengan gagah perkasa menghempaskan raksasa Catalan dengan agregat gol 7 – 0 *jadi gak bisa makan kalau ingat itu, hiks.  Borussia Dortmund pun berhasil mengalahkan tim bertabur bintang Real Madrid dengan agregat gol 4 – 3.  Padahal sebagai fans Barcelona yang sangat mencintai sepakbola Spanyol sangat berharap Real Madrid lolos, mengapa??? Karena aku realistis saja untuk mengejar defisit 4 gol itu sangat sulit.  Butuh mukjiat, dan kenyataannya pun memang demikian Barcelona di kandangnya sendiri malah takluk 3 gol tanpa balas. Harapan tinggal pada Real Madrid tapi juga tidak bisa memberikan hasil yang terbaik walaupun sudah memberikan perlawanan yang melebihi maksimal.  Dewi fortuna masih jauh dari Real Madrid, karena dewi fortuna rupanya berpihak pada Dortmund.

Sungguh ini sangat menyakitkan, beruntung masih bisa juara La Liga (sumber klik disini)

     Final antara tim dengan satu negara yang sama sudah terjadi sebanyak empat kali yaitu pada saat Real Madrid menjadi kampiun saat mengalahkan Valencia di babak final pada tahun 2000.  Tiga tahun kemudian giliran serie A Italia yang mempertemukan dua tim senegara di final liga champion yaitu AC Milan vs Juventus, kala itu AC Milan berhasil memenangkan pertandingan lewat adu penalti.

     Final ketiga duel sesama tim dengan satu negara tepatnya di tahun 2008 yaitu terjadi All English Final, Manchester United vs Chelsea, MU pun berjaya lewat adu penalti.  Dan akhirnya sekarang Jerman mendapatkan kesempatan untuk mempertemukan dua timnya di babak final, Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund.

     Berstatus sebagai juara bundesliga Bayern Muenchen, tidak boleh gegabah dengan memandang remeh Dortmund.  Perlu dijadikan catatan bahwa Real Madrid dan AC Milan saat di final sesama negara tersebut, tidak dalam posisi juara di liga negaranya, tapi mampu menjadi kampiun di kompetisi kasta tertinggi di Eropa.  Juara UEFA Champion League.

     Tapi, ada yang lebih menarik untuk urusan final liga champion ini, apa itu??? Sesuai judul postingan ini yang akan mengangkat tentang mitos tuan rumah babak final liga champion.

     Mitos ini berawal di tahun 2009 saat Manchester United berhadapan dengan Barcelona, yang diadakan di Stadion Olimpico, Roma.  Pertandingan ini dimenangkan oleh Barcelona, dibawah asuhan Pep Guardiola begitu perkasa di musim 2008/2009 ini.

Stadion Olimpico, Roma, Italia (sumber klik disini)

     Setahun kemudian tepatnya musim 2009/2010, babak final diselenggarakan di Santiago Bernabeu, mempertemukan Inter Milan vs Bayern Munchen, dan Inter Milan berhasil menjadi kampiun.  Treble winner bagi Mourinho dengan Inter-nya.  Istilah parkir bus pertama kali di perkenalkan oleh Mourinho kala itu *koreksi jika salah.

Santiago Bernabeu Stadium, kebanggaan Real Madrid (sumber klik disini)

   Musim 2010/2011, kembali Barcelona memporak porandakan tim asuhan Ferguson, berhasil menaklukkan Rooney dkk, dengan skor telak 3 gol tanpa balas. Pertandingan ini berlangsung di Wembley Stadium, Inggris.

Wembley Stadium, markas timnas Inggris (sumber klik disini)

     Musim 2011/2012, Chelsea juara Champion untuk pertama kalinya di bawah asuhan pelatih pengganti Roberto Di Matteo.  Chelsea berhasil menang lewat adu penalty, setelah bermain imbang dengan Bayern Muenchen.  Babak final kali ini berlangsung di Allianz Arena.

Allianz Arena, markas Bayern Muenchen (sumber klik disini)

     Sebelum membahas musim 2012/2013, cobalah perhatikan antara pemenang liga champion dengan posisinya sebagai tuan rumah.

     Di musim 2008/2009 saat Barcelona juara, babak final diadakan di Olimpico, Roma, Italia.  Dan juara musim 2009/2010 adalah Inter Milan yang notabene tim Italia, sebelumnya penyelenggaraan babak final di Italia.

Inter Milan saat menjuarai liga champion di musim 2009/2010 (sumber klik disini)

     Musim 2010/2011 yang menjadi juara adalah Barcelona, sebelumnya babak final diadakan di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol.  Barcelona adalah tim dari Spanyol.  Musim 2011/2012 yang menjadi juara adalah Chelsea, musim sebelumnya babak final diadakan di Wembley Stadium, Inggris.  Dan Chelsea adalah tim Inggris.

Perayaan kemenangan Barcelona di musim 2010/2011 disini

     Musim 2012/2013, kembali sudah dapat dipastikan bahwa yang akan menjadi juara adalah tim dari Jerman.  Kalau bukan Muenchen, yah Dortmund, dan setahun sebelumnya babak final diadakan di Allianz Arena, Muenchen, Jerman.  Dan apakah tahun depan yang akan menjadi juara adalah dari negeri ratu Elizabeth Inggris, berhubung babak final antara Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund diadakan di Wembley Stadium. 

Angela Merkel, Kanselir Jerman, mungkin pemimpin paling bahagia saat ini (sumber klik disini)

     Menarik untuk ditunggu, tapi sebelumnya ada baiknya mungkin menyaksikan laga puncak Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund.  Bursa taruhan dan prediksi banyak orang di dunia ini termasuk aku, menjagokan Bayern Muenchen akan menjadi juara.  Keperkasaan Muenchen di bundesliga sudah tidak diragukan lagi, jarak poin dengan Dortmund adalah 25 poin, dan satu lagi mitos bahwa tim yang mengalahkan Barcelona akan menjadi juara Champion *nanti kita bahas lagi.

     Itu semua cuman mitos, betul tidaknya tergantung persepsi masing – masing, karena bola itu bundar.  Bisa saja tahun depannya tim – tim dari serie A Italia yang berjaya, ataukah Barcelona kembali menjadi yang terbaik atau Real Madrid dengan ambisi La Decimanya, atau bahkan Inggris yang akan meneruskan mitos itu.


Note : kapan yah kita punya stadion seperti stadion di Eropa sana, suatu saat nanti, Aamiin...

Salam Cinta
=====================================

6 comments:

indahjuli mengatakan...

Wow, benar2 emak penyuka bola ulasannya lengkap:)

Najmatul Jannah mengatakan...

Wuaahhh.... Nggak ngerti bolaa hehehekk

Tetapi aku mulai belajar buat ngerti kok mbak hehe

Analisanya akurat ya... Boljug nih buat jadi komentator di tv sport :D

Su di mengatakan...

ingin nonton langsung ke sana
kunjung balik ya tipsdankabarkita.blogspot

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund layak ditunggu neh....

Ejawantah Wisata mengatakan...

Semoga suatu hari bisa nonnton secara langsung di TKP.

Salam wisata

yunarty itu aty_bidam mengatakan...

mbak indah...hehehe, iya mbak, dah suka dr kecil sih :-)

mba najmatul...waduk kasian bung kusnaeni, bung towel ato bung ma'ruf klo aku jd komentator bola, mending jd penikmat aj deh, hehehe :-)

su di...kapan, bs kesana yagh, okey nnt tak kunjungi blogx :-)

mas akhmad....sgt layak untuk dnantikan dan dtonton mas...

ejawantah...kira2 ad g yagh lomba nulis utk bs bw kita nntn ksana, hehehehe :-)

bawindonesia...

 

my notes Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea